April 21, 2024

Cheapfakewatchsale – OJK Bali dan Pemkab Klungkung edukasi keuangan kepada LGO4D kaum disabilitas

Cheapfakewatchsale – Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Bali LINK LGO4D bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung dan beberapa lembaga jasa keuangan (LJK) melaksanakan rangkaian kegiatan edukasi keuangan kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Klungkung, serangkaian memperingati Hari Konsumen Nasional 2024.

Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 2 OJK Provinsi Bali Jimmy Yan Hendrik Simarmata di Semarapura, Klungkung, Minggu, mengatakan dalam kegiatan tersebut, para penyandang disabilitas dijelaskan terkait tugas dan fungsi OJK, produk dan layanan sektor jasa keuangan, perencanaan keuangan dan waspada investasi.

Selain materi edukasi oleh OJK, dijelaskan pula materi terkait kredit usaha rakyat oleh PT BPD Bali dan pemasaran digital oleh Dinas Koperasi Kabupaten Klungkung serta penyerahan secara simbolis bantuan KUR Mesari kepada pelaku UMKM disabilitas oleh PT BPD Bali.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Konsumen Nasional sehingga diharapkan penyandang disabilitas dapat memiliki pengetahuan dan akses yang memadai terhadap lembaga jasa keuangan, memahami perencanaan keuangan dan dapat terhindar dari investasi ilegal yang merugikan,” ujarnya.

Jimmy dalam keterangannya menambahkan, pada 2024, OJK telah menetapkan sasaran prioritas literasi keuangan yaitu salah satunya kepada penyandang disabilitas.

Sesuai dengan Pasal 54 POJK Nomor 22 Tahun 2023 tentang Pelindungan LGO4D Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan, diatur bahwa Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) wajib memberikan akses yang setara kepada setiap konsumen sesuai klasifikasi konsumen.

Di-tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *