April 24, 2024

Cheapfakewatchsale – Pengamat: Kehadiran RGO303 Anies-Muhaimin ke KPU tunjukkan kedewasaan politik

Cheapfakewatchsale – Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan kehadiran Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) ke KPU saat penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka LOGIN RGO303 sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029 menunjukkan kedewasaan politik.

“Yang ditunjukkan oleh Anies dan Muhaimin walaupun pahit, tidak suka, tidak senang, tapi hadir dan mengakui kemenangan Prabowo-Gibran itu sesuatu sikap yang gentleman dari Anies dan Cak Imin, dan itu harus kita apresiasi sebagai bentuk kedewasaan politik dari Anies dan Cak Imin,” kata Ujang kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, dia menilai kehadiran Anies-Muhaimin ke Kantor KPU meski kalah dalam Pilpres 2024 dapat menjadi teladan bagi masyarakat luas sebab mengajarkan nilai sportivitas.

“Ini menjadi sesuatu yang positif, yang bagus, menjadi teladan bagi masyarakat bahwa walaupun kalah, hadir, dan ini menjunjung nilai-nilai sportivitas di kontestasi pilpres,” ujarnya.

Sebaliknya, Ujang menilai absen-nya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md ke KPU tidak dapat pula dilihat sebagai bentuk arah partai politik pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 itu akan menjadi oposisi dalam pemerintahan periode mendatang.

“Soal arah koalisi oposisi tidak, itu tidak bergantung Anies, Ganjar, atau RGO 303 Mahfud, tapi Pak Muhaimin masih mungkin karena yang menentukan arah koalisi partai, ketua partai,” ucapnya.

Di-tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *